Rabu, 29 Februari 2012

Tips Merawat Karpet

Karpet perlu dirawat dengan penanganan khusus, karena salah perawatan bisa menyebabkan karpet menjadi rusak dan kotor. Berikut ini tips untuk merawat karpet agar bersih dan awet :


  1. Bersihkan Sesering Mungkin

Bersihkan karpet sesering mungkin minimal seminggu sekali dengan menggunakan penyedot debu/vacuum cleaner, terutama jika Anda baru saja memasang karpet.  Taburkan sejumlah besar garam ke atasnya, biarkan selama satu jam. Selanjutnya sedot dengan vacuum cleaner . Dapat juga menggunakan bedak pembersih karpet, yang tersedia di pasaran. Fokuskan pada daerah yang sering dilewati orang karena biasanya kotoran paling banyak menempel di area tersebut.

  1. Mencuci Karpet

Cucilah karpet dengan menggunakan sabun khusus untuk karpet setidaknya 6 bulan sekali. Jikalau merasa terlalu berat untuk mencuci sendiri, bisa memasukkan karpet ke jasa binatu.Sebaiknya tidak mencuci karpet dengan deterjen atau cairan pembersih yang mengandung sabun. Busa yang dihasilkan sabun akan meninggalkan sisa-sisa residu yang justru akan mengikat lebih banyak debu di karpet. Selain itu, residu sabun yang tertinggal juga bisa melemahkan serat karpet sehingga membuat karpet mudah robek atau rusak.

Cara lain mencuci karpet adalah dengan menggunakan larutan campuran air dan cuka (10:1). Celupkan spons ke dalam larutan, lalu gosokkan ke karpet. Setelah itu, bilas dengan spons yang sudah dicuci dengan air bersih. Biarkan karpet kering, niscaya warna karpet kembali cerah.
Anda dapat juga menggunakan sikat halus dan air garam. Celupkan sikat ke dalam air garam, kibaskan agar tak membawa banyak air. Setelah itu, sikatlah karpet ke arah yang berlawanan dengan serat bulu karpet. Selanjutnya, jemur agar tidak lembap.

3.      Ubah Posisi

Ubah posisi karpet minimal 2-3 bulan sekali dengan cara memutar karpet sedemikian rupa sehingga bagian yang sering terinjak atau dilewati orang bisa berganti posisi. Selain itu perhatikan letak jendela dan arah sinar matahari yang masuk ke ruangan tersebut. Warna karpet akan cepat memudar jika terkena langsung oleh sinar matahari. Hal ini bisa pula diatasi dengan menutup jendela atau menurunkan vitrage.

  1. Mengatasi Bau pada Karpet
Baking soda dapat menghilangkan bau apek pada karpet, yaitu dengan cara  dapat memercikkan sedikit baking soda ke atas karpet kemudian dibersihkan dengan menggunakan penghisap debu setelah menunggu 30 menit. Untuk mengatasi bau yang lebih tajam, cucilah bagian yang berbau tersebut dengan 20 bagian cuka dicampur dengan 80 bagian air. Gunakan lap bersih yang dibasahi dengan larutan air cuka tadi. Tidak dianjurkan menggosok bagian itu dengan sikat. Noda yang bau harus segera dibersihkan. Semakin lama noda tersebut menempel, semakin sulit membersihkannya.

  1. Ventilasi
Pada saat memasang karpet, terutama karpet yang dipasang melapisi seluruh lantai ruangan, usahakan agar ventilasi di ruangan tersebut betul-betul baik. Kalau perlu buka pintu dan seluruh jendela. Setelah karpet dipasang, sebaiknya jangan menggunakan ruangan tersebut setidaknya selama 72 jam.

  1. Menyimpan Karpet
Penyimpanan karpet, sebaiknya digulung dan dibungkus dengan koran yang sudah disemprot insektisida.


Sumber : Berbagai sumber
Dokumentasi : Thinkstock

Tidak ada komentar:

Posting Komentar